Inilah Penjelasan Rukun Iman yang Perlu Diketahui Oleh Setiap Muslim

Segala sesuatu pasti mempunyai rukun yang mendasari hal itu
. Begitu juga dengan keimanan, maka ia juga mempunyai pokok-pokok yang menjadi dasar atas bagian-bagiannya. Sebagaimana sudah kamu ketahui, bahwa rukun iman itu ada enam, yakni: iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitabNya, iman kepada para rasul, iman kepada hari akhir dan iman kepada takdir.
Baca Juga : Kewajiban Dari Allah atas Hamba

Inilah Penjelasan Rukun Iman yang Perlu Diketahui Oleh Setiap Muslim


Iman menurut bahasa adalah percaya atau membenarkan, sedangkan menurut istilah syar’i yakni keyakinan dalam hati, perkataan yang di ucapkan dan mengamalkan dengan perbuatan, bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan maksiat. Jadi bisa disimpulkan, rukun iman berarti landasan atau dasar-dasar yang harus diyakini oleh setiap muslim, kemudian diucapkan dengan lisan dan dibuktikan dengan perbuatan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang rukun iman disertai dengan penjelasannya. Yuk, simak dengan seksama.

1 Iman Kepada Allah
Tidak akan seseorang dikatakan beriman kepada Allah sampai dia mengimani 4 perkara:
Mengimani adanya Allah SWT.
Mengimani rububiah Allah, maksudnya tidak ada yang bisa mencipta, menguasai serta mengatur alam semesta kecuali hanya Allah.
Mengimani uluhiah Allah, maksudnya tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan mengingkari segala sembahan kecuali Allah SWT.
Mengimani semua nama dan sifat Allah yang sudah ditetapkan untuk diri-Nya dan mengimani para Nabi-Nya yang sudah Allah tetapkan, dan juga menjauhi ta’thil, tahrif, takyif, dan tamtsil.

2 Iman Kepada Para Malaikat Allah
Maksudnya kita semua wajib mempercayai dan membenarkan bahwa para malaikat itu ada yang sudah Allah ciptakan dari cahaya. Malaikat merupakan makhluk Allah yang selalu patuh dan beribadah kepada-Nya.

Allah SWT berfirman: “Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (QS. Al-Anbiya`: 19-20)

Ada banyak sekali malaikat yang Allah ciptakan. Namun sebagai seorang muslim, setidaknya ada 10 malaikat yang harus kamu ketahui, antara lain sebagai berikut: Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Rakib, Atid, Malik dan Ridwan.


3 Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Maksudnya kita semua wajib mengimani bahwa seluruh kitab Allah merupakan kalam-Nya, dan kalamullah bukanlah seorang makhluk karena kalam adalah sifat Allah. Setidaknya, ada 4 Kitab Allah yang wajib kamu ketahui sebagai seorang muslim, antara lain sebagai berikut:

Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud AS.
Kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa AS.
Kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS.
Kitab Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

4 Iman Kepada Para Nabi dan Rasul Allah
Iman kepada para nabi dan rasul Allah maksudnya adalah mengimani bahwa ada di antara laki-laki dari kalangan manusia yang Allah SWT sudah pilih sebagai perantara antara diri-Nya dengan para makhluknya. Mereka semua merupakan manusia biasa dan tidak memiliki hak-hak sifat-sifat ketuhanan, sebab menyembah para nabi dan rasul merupakan sebuah kebatilan.

Allah SWT berfirman: “Dan sesungguhnya sudah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu.” (QS. Ghafir: 78)

5 Iman Kepada Hari Akhir
Iman kepada hari akhir adalah membenarkan dan mempercayai adanya hari akhir. Maksudnya, kelak ada hari terakhir di dunia ini, tidak ada lagi hari keesokan harinya. Hari akhir merupakan hari dimana Allah SWT mewafatkan seluruh makhluk yang masih hidup saat itu, kemudian mereka semua dibangkitkan kembali untuk mempertanggung jawabkan amalan mereka.

Allah SWT berfirman: “Sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya, janji dari Kami, sesungguhnya Kami pasti akan melakukannya.” (QS. Al-Anbiya`: 104)

6 Beriman Kepada Takdir yang Baik dan yang Buruk
Maksudnya adalah kita semua wajib mengimani bahwa semua yang Allah takdirkan, apakah kejadian yang baik ataupun yang buruk, semua itu berasal dari Allah SWT.
Baca Juga : Macam-Macam Syirik dan Pengertiannya

Demikian penjelasan mengenai rukun iman yang wajib diketahui oleh setiap muslim. Semoga kita semua istiqomah agar selalu bisa mengimaninya. Sekian dan terima kasih.

Sumber : http://www.satujam.com/